Recent Post

Kamis, 17 Januari 2013

Hacking



       Hacking adalah Istilah dari kegiatan menerobos program komputer milik orang/pihak lain. Hacker adalah orang yang gemar ngoprek komputer, memiliki keahlian membuat dan membaca program tertentu, dan terobsesi mengamati keamanan (security)-nya.

Hacker Dibagi Menjadi 2 :
  • Hacker Baik
  • Hacker Jahat
Pekerjaan Hacker Baik adalah memberi tahu kepada programer yang komputernya diterobos, adanya kelemahan-kelemahan pada program yang dibuat, sehingga bisa bocor, agar segera diperbaiki.
Sedangkan, Hacker Jahat menerobos program orang lain untuk merusak dan mencuri datanya.

Kerja Hacker
     Dalam suatu komunitas hacker, terdapat jenis-jenis keahlian yang berlainan. Misalnya seorang algoritma hacker mampu memecahkan masalah dengan urutan perintah yang secara mudah dikuasi olehnya.
     Ada juga hacker yang ahli dalam sistem operasi komputer, hacker yang menguasai jaringan internet ataupun hacker yang dapat memecahkan password, sandi, dan kode rahasia.

     Selain mampu menembus dan mengakses informasi yang tidak diizinkan, hacker juga mampu mencegah penyusup untuk mengutak-atik dan menyelidiki sistem mereka.
     Meskipun beberapa hacker merugikan, namun ada juga hacker yang “bermain” dengan tujuan untuk mengetahui kapasitas dirinya tanpa melakukan sesuatu yang merugikan kepentingan umum. Ada juga hacker yang direkrut untuk bekerja sama dengan pemerintah.

Dampak Hacker
     Ada hacker yang menembus sistem keamanan dengan tujuan merusak data, mencuri dokumen penting, mencuri software yang berlisensi, mencuri akun kartu kredit, dan aktivitas ilegal lainnya. Oleh karena itu, pemerintah dan instituti penting harus beradaptasi dengan kasus kriminal berbasis kemajuan teknologi.
    Salah satu caranya adalah dengan merekrut hacker di pihak mereka. Selain itu juga, dengan mengadakan pelatihan agar para pegawai-pegawai pemerintahan tidak gagap teknologi.

Pencegahan
     Kita dapat berhati-hati terhadap serangan hacker. Misalnya dengan menginstal firewall dan waspada ketika mengakses website di internet yang menggunakan data pribadi Anda. Pelajari cara dan pilihan menggunakan jaringan internet.

    Walaupun cepat, bukan berarti jaringan internet Anda aman dari serangan hacker. Hacker selalu meningkatkan kemampuannya dan berkeliaran di internet untuk mencari celah yang mudah ditembus untuk memperoleh akses.
Dengan hadirnya teknologi internet, jaringan sosial, website pribadi, website perusahaan dan lain sebagainya, maka banyak sekali informasi yang bertebaran di internet. Hal ini rawan terhadap pencurian identitas. Oleh karena itu, tingkatkan kewaspadaan Anda dan batasi informasi penting hanya untuk orang-orang yang Anda kenal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang sopan :)

Related Post

Blogroll

Friends