Recent Post

Kamis, 17 Januari 2013

Rangkuman Presentasi Kelompok "Hardware"


1. INPUT DEVICE
Apa itu input device???
Input device adalah media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.
a.     Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti  menyimpan file dan membuka file.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.)  QWERTY
2.)  DVORAK
3.)  KLOCKENBERG
b.     Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface).Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.

c.      TouchpadUnit
masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse.

d.     Light PenLight pen
adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-designgambar dengan screen (monitor). 

e.     Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuktongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dariplastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

f.       Barcode
       termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untukmembaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yangkemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempelpada produk produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiapkasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yangdijualnya dengan barcode.

g.     Scanner
adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambaratau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. 

h.     Mikropon dan Headphone Unit
masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpandalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapatmerekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saatchating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yangberfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkansuara.

i.       Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah,mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads inimerupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor.

j.       Floppy Drive
Floppy disk drive adalah alat untuk menulis, membaca data, juga berfungsi sebagai alatoutput (perekam) data.

k.     CD-ROM
CD-ROM adalah alat untuk membaca CD atau VCD pada computer.  Beberapa kemampuanCD-ROM :CD-ROM dengan kemampuan : 24x, 36x, 40x, 52x, 56x, dan seterus nya.

l.       DVD-ROM
DVD-ROM adalah alat untuk membaca CD VCD DVD musik atau film yang berkualitas tinggi pada computer.

m.  CD-RW
CD-RW adalah alat untuk merekam (backup) data pada cd.Beberapa kemampuan CD-RW :CD-RW dengan kemampuan : 24x10x40, 32x10x40,32x12x40, 40x12x40, 32x14x48, 52x24x48, 48x12x50, 52x32x52, dan seterusnya.

n.     Webcam
Webcam atau web camera adalah kamera digital yang terhubung dengan komputer danterhubung dengan halaman web. Dengan menggunakan teknologi ini, maka kamera yangada pada komputer akan memberikan informasinya, yaitu berupa gambar yangdimunculkan melalui halaman web.

2.  PROCES DEVICE 

CPU adalah singakatan (Central Processing Unit) jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti Unit Pengolah Pusat, CPU merupakan bagian terpenting dari seubuah computer, karena semua aktifitas dikendalikan oleh bagian ini dan bagian ini serin disebut kecerdasan computer atau otaknya computer. mampu melaksanakan perintah dalam kecepatan cahaya, Dan bias melakukan perintah satu milyar per detik.

PERANGKAT KERAS DALAM CPU :
1. Power Supply
2. MATHERBOARD
3. PROSESSOR
4. MEMORY
5. HARD DISK
6. VGA
7. SOUND CARD
3. OUTPUT DEVICE
a.   Jenis – Jenis PRINTER
a. Letter Quality
b. Dot Matrix
c. Thermal Printer
d. Ink jet
e. Laser Printer
f.  Interface Printer
g. Plotter 
b.     MONITOR
Monitor adalah media output untuk menampilkan informasi sehingga dapat dibaca dan diketahui oleh manusia. Monitor merupakan interface terpenting yang menghubungkan manusia dan PC. Pada saat komputer pertama beroperasi pada tahun 1938, monitor sudah berusia 83 tahun. Pengembangannya masih tetap berlangsung sampai saat ini.

JENIS-JENIS MONITOR :
a. CRT (Cathode Ray Tube)
b. Liquid Crystal Display (LCD) atau Flat Display Panel (FDP)
c. Plasma Gas atau Organic Light Emitting Diode (OLED)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang sopan :)

Related Post

Blogroll

Friends